0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rendah, Kepercayaan Publik Terhadap DPR

merdeka.com

Gedung DPR RI

Timlo.net — Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi institusi paling dipercaya publik. Hal itu terlihat dari hasil survei yang digelar Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang diumumkan siang ini.

Dalam konferensi pers yang digelar CSIS, Minggu (25/10), TNI menempati urutan teratas dalam survei kepercayaan publik terhadap institusi di tanah air, di mana 90 persen responden memilih TNI sebagai institusi paling dipercaya. Disusul KPK yang menempati urutan kedua dengan jumlah 80 persen responden dan presiden 79,7 persen.

Sementara itu, DPR menempati urutan terbawah dan hanya mendapatkan kepercayaan dari 53 persen responden. Angka tersebut jauh lebih buruk dibandingkan DPD dengan 60,1 persen dan kepolisian 63,5 persen.

Penilaian buruk publik terjadi terhadap kinerja DPR di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Di mana 52,4 persen responden tidak puas terhadap kiprah DPR dalam membuat Undang-Undang. Hanya 42,7 persen yang menyatakan tidak puas dan 4,9 tidak tahu.

Penilaian buruk juga terjadi terhadap kinerja DPR dalam membahas dan mengesahkan APBN serta pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang. Masing-masing kinerja tersebut dinilai buruk oleh 54,7 persen dan 48,7 persen responden.

Survei ini dilakukan terhadap 1.183 responden di 34 provinsi di Indonesia yang dipilih secara acak atau prabability sampling dengan menggunakan penarikan secara multi-stage random sampling. Survei dilakukan sejak 14-21 Oktober 2015 dengan margin of error lebih kurang 2,85 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

[tyo]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge