0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Spek-HAM Tolak Hukuman Kebiri Bagi Pedofil

dok.merdeka.com
ilustrasi pelecehan seks anak (dok.merdeka.com)

Solo — Solidaritas Perempuan untuk Kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia (Spek-HAM) menilai hukuman kebiri yang dijatuhkan pemerintah kepada pelaku pedofil merupakan bentuk pelanggaran HAM. Hukuman memandulkan atau menghilangkan kelenjar testis supaya tidak memproduksi sprema ini juga dinilai bukan merupakan solusi jangka panjang.

“Yang menjadi permasalahan adalah cara pikir mereka bukan pada masalah organ tubuhnya. Jadi, pemikiran para pedofil ini musti dibenahi,” kata pegiat Spek-HAM Solo, Fitri Haryani saat dihubungi wartawan baru-baru ini.

Alih-alih membuat jera, menurut Fitri, hukuman tersebut justru tidak akan membuat jera para pelaku pedofil. Pasalnya, kebanyakan pelaku pedofil merupakan korban dari perilaku menyimpang yang pernah mereka alami sebelumnya. Sehingga, perilaku penyimpangan yang dilakukan oleh para pedofil tersebut bersifat turunan.

“Pedofil ini merupakan rangkaian kejadian yang dialami oleh pelaku. Jadi, jika pemerintah menerapkan hukuman kebiri tersebut kami menilai tidak akan menyelesaikan masalah,” terangnya.

Pangkal permasalahan para pelaku pedofil, lanjut Fitri terdapat pada pemikiran menyimpang yang dimiliki para pelaku. Sehingga, dengan meluruskan pemikiran mereka maka tindakan yang akan dilakukan para pelaku dapat dicegah.

“Walaupun korban memakai baju tertutup, tapi kalau pikiran sesoerang itu memang negatif, ya tetap melakukan perbuatan itu,” paparnya.

Disinilah, kata Fitri, pentingnya membangun perspektif menghargai. Caranya dengan terus menerus memberikan pendampingan sehingga pelaku memiliki cara pandang yang positif tentang anak-anak dan alat reproduksi.

“Memang tak bisa instan. Semua butuh proses. Hukuman maksimal itu perlu ditegakkan untuk memberi efek jera. Namun, juga harus ditindaklanjuti dengan pendampingan selepas menjalani kurungan penjara,” paparnya.

Senada, Pengacara Spek-HAM, Achmad Bachrudin Bakri, mengatakan pemberian hukuman kebiri bertentangan dengan semangat HAM.

“Hukuman itu (kebiri) sama saja mencabut hak orang lain mendapatkan anak. Itu enggak baik,” paparnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge