0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Hutan Lawu Dekati Perumahan Penduduk

timlo.net/nanang rahadian

Kebakaran Hutan Gunung Lawu (ilustrasi)

Karanganyar — Meski sempat padam, kebakaran hutan yang melanda Gunung Lawu kembali membesar, Kamis (22/10) sore. Bahkan kini semakin mendekati perumahan penduduk di sekitar pintu masuk jalur pendakian Cemoro Sewu.

“Iya, kembali terbakar dan kini hanya berjarak 500 meter dari pintu masuk jalur pendakian Cemoro Sewu,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Agung Lewis saat dihubungi wartawan, Jumat (23/10).

Agung menuturkan, kebakaran menyebar ke sejumlah lahan. Bahkan, api mengarah ke lokasi pendirian pos komando (Posko) Kebakaran Hutan Gunung Lawu di dekat pintu masuk jalur pendakian Cemoro Sewu.

“Warga yang berada di sekitar lokasi diminta ke luar rumah. Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk saat api membesar,” kata Agung.

Agung mengungkapkan, sebanyak 100 orang berusaha memadamkan api. Mereka dari SAR, Anak Gunung Lawu (AGL), warga dari mitra binaan Perhutani, Polisi, Koramil, BPBD, dan lain-lain. Agung menuturkan masih menyiagakan sejumlah mobil pemadam kebakaran di sekitar lokasi.

“Hingga Jumat (23/10) pagi diperkirakan api sudah padam. Tapi terus kami pantau karena bara masih ada di jurang di sekitar situ,” tutur dia.

Agung menambahkan sejumlah petugas dan warga sekitar berjaga apabila angin bertiup kencang dan menerbangkan bara sehingga membakar semak lain di sekitar lokasi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge