0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Temukan 11 Pelanggaran Kampanye

timlo.net/nanin

Rapat koordinasi Panwaslu dengan tim paslon, Polres dan Satpol PP

Boyolali – Dari awal kampanye, Panwaslu Boyolali menemukan 11 pelanggaran kampanye. Diantaranya, branding mobil dan APK liar. Temuan ini diungkapkan Panwaslu dalam rapat koordinasi dengan dua tim pemenangan paslon, Satpol PP dan Polres Boyolali, Jumat (23/10).

“Dari komunikasi ini, harapan kami disisa masa kampanye ini pelanggaran bisa diminimalkan,” kata Ketua Panwaslu Boyolali, Narko Nugroho.

Dalam evaluasi pengawasan kampanye tersebut, ada sejumlah pelanggaran yang muncul karena perbedaan persepsi tim sukses terkait aturan main. Contohnya, terkait mobil branding serta maraknya posko pemenangan dan relawan yang tidak terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwaslu.

“Kita juga menemukan sejumlah program pemerintah yang digunakan untuk kampanye, inikan jelas melanggar UU Nomer 8 tahun 2015 tentang pilkada,” tambahnya.

Sementara itu, menanggapi masalah mobil branding, Ketua Divisi Kampanye Paslon Seno Samudro-Said Hidayat, Ribut Budi S, larangan mobil branding hanyalah kesepahaman antara KPU dengan Panwaslu tanpa melibatkan paslon. Pasalnya, di beberapa daerah, mobil branding tidak menjadi masalah.

Pihaknya keberatan jika Panwaslu mempermasalahkan maraknya posko pemenangan atau relawan yang tidak terdaftar di KPU dan Panwaslu.

“Posko dan relawan kan munculnya belakangan. Kami jelas tidak punya hak melarang orang ingin berpartisipasi,” katanya.

Sementara, perwakilan pasangan Agus Purmanto-Sugiyarto, Yusuf, lebih mendesak aparat kepolisian untuk bersikap netral dalam pilkada. Dia menyayangkan karena polisi tidak berani menertibkan mobilisasi massa pasangan nomor urut 1, di Horison Airport Hotel Solo, pada Minggu (18/10), padahal pada hari tersebut jelas merupakan jadwal kampanye nomor urut 2.

“KPUD dan Panwaslu juga harus tegas menyikapi mobilisasi PNS,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge