0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lelang Surat Suara Pilkada Klaten Capai Rp 322,5 Juta

Ilustrasi Pilkada

Klaten — Lelang pengadaan surat suara untuk Pilkada Klaten 2015 telah dibuka sejak Selasa (13/10) lalu. Hal itu dapat dilihat dari layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) melalui laman http://lpse.klatenkab.go.id.

“Ada 29 peserta lelang yang mengikutinya. Nanti evaluasi sampai 30 Oktober dengan sistem gugur,” kata Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP) Klaten Sigit Gatot Budiyanto, Jumat (23/10).

Menurut Sigit yang juga Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda), anggaran pengadaan surat suara berasal dari APBD 2015. Adapun nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sekitar Rp 322,5 juta atau tepatnya Rp 322.435.960. Sedangkan nilai pagu pengadaan surat suara Rp 544.506.250.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Siti Farida. Regulasi pengadaan surat suara sesuai Peraturan KPU (PKPU) No 6 Tahun 2015. Isinya menerangkan tentang norma, standar, prosedur, kebutuhan pengadaan, dan pendistribusian perlengkapan penyelanggaraan pilgub, pilbup, dan pilwakot.

“Sebelum dilelang kita sudah melalui persetujuan dari masing-masing tim paslon tentang desainnya (surat suara). Selain itu, jumlah surat suara yang dicetak adalah total dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2 persen sebagai cadangannya. Tujuannya, antisipasi keadaan darurat pada hari H pencoblosan agar tidak terjadi kekurangan surat suara,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge