0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Turun Gunung, Penambang Merapi Santuni Anak Yatim

(dok.timlo.net/aditya wijaya)
Klaten —¬†Sejumlah penambang lereng Gunung Merapi menyerahkan santunan Rp 20 juta kepada Panti Asuhan Al-Munir di Dukuh Pantisari, Desa Gumul, Kecamatan Karangnongko, Klaten, Jumat (23/10).
“Kegiatan ini bentuk bakti sosial (baksos) dari izin penambangan atas nama pak Suroto dari Panggang, Kemalang, Klaten bersama crew Rejeki Agung Mandiri,” tutur salah seorang crew Rejeki Agung Mandiri, Suharno, Jumat (23/10).
Dikatakan, Baksos tersebut memang sengaja dilakukan “dibawah gunung.” Pasalnya, selama ini bantuan diberikan kepada lingkungan Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) di sekitar lokasi penambangan. Selain itu, pihaknya juga mengelola relawan tanggap bencana untuk mengelola tambang.
Disinggung upaya penghijauan, Suharno menyammpaikan, hal itu merupakan kewajiban. Sebabnya, ketika selesai ditambang lahan akan dihijaukan kembali. Namun tergantung pemilik lahannya meminta jenis tanaman seperti apa.
“Kebetulan lokasi tambang pak Suroto lapisannya padas sehingga kalau tidak ditambang tidak bisa ditanam. Harapannya dengan sedikit bantuan bisa bermanfaat, khususnya bagi anak-anak,” ujar Suharno yang juga koordinator Relawan Turahan Awu.
Sementara itu, pengurus Panti Asuhan Al-Munir, Alifa Roid mengatakan, tidak hanya panti asuhan, Al Munir yang berdiri sejak 1999 juga mengelola Madrasah ibtidaiyah dan pondok pesantren yang tersebar di empat lokasi lainnya di Klaten.
“Untuk panti asuhannya ada sekitar 50 anak yatim. Sedangkan Madrasah ada 6 kelas dengan jumlah lebih dari 100 putra putri. Adanya bantuan kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya,” katanya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge