0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KSMS Meriahkan Ultah Taman Balekambang

Kwtoprak seniman muda surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS) kembali pentas di Gedung Kesenian Taman Balekambang, Solo, Sabtu (24/10) malam, menampilkan lakon “Pedhut Singosari Ronggowuni Ngratu “. Demikian rilis Humas KSMS Suharno yang diterima Timlo.net, Jumat (23/10).

Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro, menjelaskan, pentas kali ini juga dalam rangka ikut memeriahkan ulang tahun Taman Balekambang ke 94.

Sutradara pentas, Meteor Slenk, mengungkapkan, Pedhut Singosari, berlatar belakang perebutan kekuasaan di kerajaan Singosari antara keturunan Ken Arok dan Tunggul Ametung yang saling memiliki dendam kesumat, dibumbui kisah cinta segitiga, diramu dengan kelucuan, serta humor segar dari pelawak Bogang Cs.

“Kisah Ronggowuni Ngratu ini sarat dengan ajaran budi pekerti, bahwa kejahatan akan dibalas dengan kejahatan, namun akhirnya yang akan keluar sebagai pemenang adalah kebenaran. Wong salah bakal seleh “ ungkapnya.

Lebih lanjut, Meteor  Slenk, memaparkan, berdasarkan sejarah, Ronggowuni adalah anak Anusapati, keturunan  Tunggul Ametung,  naik tahta tahun 1248  M, setelah berhasil  membunuh Tohjoyo  keturunan dari Ken Arok.

Saat jadi raja, Ronggowuni bergelar Sri Jaya Wisnuwardana, didampingi  Mahesa  Cempaka  yang berkedudukan sebagai Ratu  Anggabaya. Mahesa Cempaka bergelar Narasimhamurti. Singhasari di bawah  pemerintahan Ronggowuni  dan Mahesa Cempaka hidup dalam keadaan  aman dan tenteram. (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge