0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puntung Rokok Sebabkan Puluhan Hektar Lahan Terbakar

merdeka.com

Lahan Perhutani Purwakarta terbakar

Timlo.net — Tanah milik Perhutani seluas 20 hektar di wilayah Parang Gombong, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat, terbakar. Pegunungan yang dipenuhi tetumbuhan dan perkebunan bambu, serta ilalang itu, ludes terbakar sejak Kamis (22/10) sore.

Api yang semula berada di satu titik, dengan cepat meluas. Setelah kobaran api terus menjalar, seiring keberadaan tumbuhan serta semak belukar di areal hutan yang mudah terbakar akibat keberadaannya yang mengering.

Menurut warga sekitar, kebakaran melanda areal hutan milik perhutani itu diduga berasal dari dedaunan yang terbakar, akibat ada warga yang membuang puntung rokok sembarangan.

“Awalnya di satu titik, diduga berasal dari dedaunan yang terbakar akibat adanya warga yang membuang puntung rokok sembarangan,” kata salah seorang warga, Mulyadi.

Kebakaran yang semakin meluas dan sulit untuk dipadamkan, membuat warga yang berada di perkampungan di sekitar hutan Parang Gombong, panik lantaran khawatir api menjalar ke pemukiman.

“Warga saat ini panik, lantaran kebakaran terus meluas,” kata Kepala Desa Sukamanah, Maman Surahman.

Kebakaran semakin parah setelah petugas dari Pemadam kebakaran Kabupaten Purwakarta, sulit untuk memasuki areal hutan.

“Kita sulit untuk memadamkan api. Kendaraan yang sudah dikerahkan tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran,” kata Kasi Damkar Purwakarta, Yuddi.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge