0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kerusakan APK Picu Konflik Horisontal

timlo.net/nanin

APK Rudy-Pur di simpang joglo rusak

Solo — Kerusakan alat peraga kampanye (APK) yang terus terjadi dinilai dapat memicu konflik horizontal. Penyebabnya, timbul kecurigaan diantara dua tim pendukung pasangan calon tentang pelaku perusakan.

“Kalau melihat pengrusakan seperti itu masyarakat akan menilai sebagaimana kapasitasnya. Mereka menganggap kalau APK milik paslon A yang rusak maka oknum perusak adalah pendukung paslon B. Begitu juga sebaliknya,” kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo, Sri Sumanta kepada wartawan, Kamis (22/10).

Baru-baru ini, APK milik pasangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo di simpang Joglo, Kadipiro, Banjarsari, diketahui rusak. APK berwujud baliho itu rusak dibagian atas sehingga terjuntai ke bawah. Tidak jelas apakah balihoa rusak karena kesengajaan atau faktor lainnya.

Sumanta melanjutkan, kerusakan APK bisa menimbulkan tafsir sendiri-sendiri di masyarakat. Tafsir secara sepihak ini yang kemudian bisa menimbulkan konflik horisontal antar pendukung pasangan calon.

“Kami sebenarnya sudah meminta KPU cepat merespon kerusakan APK. Kami minta APK yang rusak segera diganti karena menimbulkan prasangka. Namun, nampaknya KPU kurang sigap,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge