0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kaum Marginal Punya Hak Suara yang Sama

timlo.net/nanin

Sosialissi Pilkada di kalangan kelompok pengamen di Banyudono

Boyolali — Ratusan kaum marginal mengikuti sosialisasi Pilkada di Balai Desa Banyudono, Kamis (22/10). Sosialisasi dilakukan untuk mencegah potensi mobilisasi suara kelas masyarakat bawah yang kerap dijadikan komoditas politis.

“Kita ingin dalam Pilkada nanti tidak ada lagi kaum terpinggirkan atau marginal, mereka punya hak suara yang sama,” kata Anggota KPU Boyolali, Pardiyanto.

Dijelaskan, selain memberikan tata cara pencoblosan, KPU juga memberikan pemahaman tentang pendidikan demokrasi yang sehat. Sebab dengan tingkat dan pola pikir yang sering dipandang kurang berpendidikan, seringkali dalam pemilu mereka menjadi obyek penambah suara saja.

“Kita juga berikan pemahaman hak mereka tetap bisa digunakan meski berpindah-pindah tempat tinggal, dengan menggunakan formulir A5,” tambahnya.

Sementara itu, Lastri (60) warga Kampung Pengamen, Banyudono, mengaku setiap ada pemilihan umum dirinya tetap bisa menggunakan hak pilihnya di TPS terdekat. Sejak menetap di Banyudono dan menjadi penduduk Boyolali, Lastri selalu menggunakan hak pilihnya.

“Yang nguruskan pak RT, pas pemilihan tinggal datang ke TPS,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge