0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasi SAR Dihentikan, Delapan Pendaki Yang Bertahan Terus Dipantau

timlo.net/nanang rahadian

Supriono, Komandan Pengendali Operasi SAR Basarnas Jatim

Karanganyar — Operasi gabungan yang dilakukan tim SAR terkait kebakaran hutan Gunung Lawu, dihentikan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Namun demikian, tim terus melakukan pemantauan perkembangan situasi, karena masih ada delapan pendaki ritual yang bertahan di puncak gunung dan belum bersedia turun.

“Kita hentikan dulu untuk evaluasi. Terkait pendaki yang belum mau turun, itu juga akan menjadi bahan evaluasi kita,” kata Komandan Pengendali Operasi SAR Basarnas Jatim Supriono, Rabu (21/10).

Total, masih ada 11 orang yang bertahan di pucuk gunung. Selain delapan pendaki tersebut, tiga orang lainnya adalah pemilik warung di sekitar makam Sunan Lawu di kawasan Hargo Dalem.

“Data yang kita punya sudah cocok dengan jumlah pendaki, diperkirakan sudah tidak ada lagi pendaki yang terjebak dalam kebakaran,” kata Supriono.

Supriono menjelaskan, posisi delapan pendaki ritual itu berada di lokasi yang aman dari kebakaran hutan. Namun pemantauan terus dilakukan. Titik api bisa sewaktu-waktu muncul dam sulit diprediksi.

“Unsur SAR sebenarnya sudah membujuk mereka agar turun. Jika bersedia, mereka akan dipandu turun melalui jalur Candi Cetho. Tapi mereka tidak mau karena masih melakukan ritual,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge