0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rektor UNS: Bela Negara Harus Diadakan

dok.timlo.net
Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi (dok.timlo.net)

Solo — Kegiatan bela negara sebetulnya sudah rutin dilaksanakan di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) seperti halnya adanya resimen mahasiswa (Menwa), pelatihan, seminar-seminar dan penataran-penataran tentang ketahanan dan bela negara.

“Bela negara memang sesuatu yang harus diadakan, walaupun secara eksplisit pendidikan bela negara,” tandas Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi,di Kampus UNS, Solo, Kamis (22/10).

Ditambahkan, bela negara di antaranya dilaksanakan melalui mata kuliah wajib Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dimana kewarganegaraan merupakan bagian dari bela negara.

Soal ajakan pemerintah kepada kampus untuk melaksanakan bela negara, kata Ravik, memang sudah ada wacana, tetapi secara teknis bagaimana hingga saat ini belum dirumuskan. Ke depan tergantung kampus menyikapi sendiri-sendiri. Sebab paradigmanya sekarang tidak ada instruksi dari atas. Tetapi masing-masing kampus tinggal memraktekan mana-mana yang baik, kemudian diakomodir atau di-share kepada kampus yang lain.

“Untuk itu, akan mendukung, hanya bentuknya seperti apa teknisnya belum kita bahas,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge