0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Hukuman Kebiri, Kalau Terjadi Salah Tangkap Bagaimana?

dok.merdeka.com

Jusuf Kalla

Timlo.net – Polemik terhadap rencana pemberian hukum kebiri bagi pelaku kejahatan seksual anak di bawah umur masih bergulir. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tak sepenuhnya sependapat dengan rencana tersebut. Dia menilai, aturan ini perlu mendapatkan kajian lebih mendalam, ada tiga pertimbangan yang harus dilakukan sebelum Perppu resmi diterbitkan.

“Nanti didiskusikan oleh menteri hukum, tentu di situ ada hukum ada hak asasi manusia (HAM) ada masalah kesehatan, ada bagaimana menggabungkan tiga faktor itu, masalah hukumnya, masalah HAM-nya, masalah kesehatannya,” kata JK, Kamis (22/10).

Selain itu, hal perlu menjadi pertimbangan adalah bagaimana menghindari persoalan salah tangkap. Sebab, hukuman sudah terlanjur dilaksanakan dan kelamin pelaku sudah dikebiri.

“Tiba-tiba dia ternyata tidak salah sudah dikebiri bagaimana? Bisa kembaliin gak itu kan? Incase seperti itu ya,” imbuh JK.

Oleh sebab itu, JK menyarankan untuk terlebih dahulu mempelajari efek dari aturan itu apabila diterapkan di Indonesia, meski di banyak negara sudah diberlakukan.

“Pelajari dulu tentu efeknya walaupun saya tahu sudah banyak negara yang laksanakan itu,” ucap JK.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge