0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kualitas Pengelolaan Sekolah di Indonesia Diragukan

dok.timlo.net/ist
Ilustrasi (dok.timlo.net/ist)

Sukoharjo — Upaya peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia dinilai masih belum optimal oleh sejumlah kalangan. Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) menemukan, sistem tata kelola sekolah saat ini belum transparan, akuntabel dan partisipatif di sebagian besar sekolah.

“Sistem tata kelola sekolah yang belum bisa transparan dan parsitipatif masih menjadi tantangan yang berat bagi sebagian besar sekolah di Indonesia,” kata Koodinator Program Pendidikan YSKK, Muhammad Histiraludin, Rabu (21/10).

Saat ini pemerintah sudah melakukan berbagai terobosan kebijakan dan program untuk memenuhi standar pendidikan nasional. misalnya dengan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang saat ini berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Selain itu, pemerintah juga membuat kebijakan hingga ke tingkat sekolah dengan, memberikan kewenangan pengelolaan anggaran di tingak sekolah. Namun upaya ini masih menemui banyak kendala dan tantangan dalam mengelola anggaran pendidikan sekolah secara mandiri.

“Kendala ini bisa kita lihat melalui banyaknya laporan ke berbagai lembaga hukum terkait pelayanan pendidikan di tingkat dasar sejak beberapa tahun terakihir dan pemberintaan di media massa yang cukup banyak,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge