0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pesawat Australia dan Malaysia Pulang, Pesawat Rusia Datang

merdeka.com

Pesawat Amphibi Beriev Be-200 Rusia

Timlo.net — Setelah dua pesawat bantuan Australia dan Malaysia kembali ke negaranya, kini dua unit pesawat milik Rusia tiba di Palembang. Pesawat tersebut disewa Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan.

Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Harmensyah mengungkapkan, pesawat Rusia tersebut dari jenis Amphibi Beriev Be-200. Pesawat itu mampu mengangkut 12 ribu liter air sekali terbang.

“Siang tadi sudah tiba di Palembang, dua unit. Ada juga 20 kru asal Rusia yang ikut,” ungkap Harmensyah, Rabu (21/10).

Dijelaskannya, dua pesawat tersebut difokuskan pemadaman di Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir. Sebab, kabupaten itu masih menyebar titik panas terutama di lahan gambut.

Agar memudahkan dalam operasi water boombing, dua pesawat yang diperkirakan disewa selama satu bulan itu, akan diparkir di Bandara Pangkal Pinang, Bangka Belitung.

“Pesawat itu akan mengambil air laut di Bangka. Kemudian padamkan api di OKI. Itu lebih memudahkan pemadaman udara,” kata dia.

Sementara untuk pesawat Chinooks bantuan dari Singapore, sambung dia, masih tetap beroperasi. Pihaknya belum tahu persis kapan pesawat itu akan kembali ke negaranya.

“Kalau pesawat Singapura fokusnya di Pampangan, OKI. Ada juga sebelas helikopter dari BNPB,” tandasnya.

[bal]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge