0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dishubkominfo Pastikan Perluasan Parkir Elektronik Tahun Depan

timlo.net/daryono

Yosca Herman Soedrajad

Solo – Meskipun uji coba parkir elektronik di Jl Dr Radjiman saat ini masih banyak catatan dan evaluasi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo memastikan memperluas pemberlakuan parkir elektronik tahun depan. Parkir elektronik dipandang sebagai sistem tarif parkir yang fair antara pengguna dan penyedia jasa parkir.

“Yang jelas 2016 harus tambah. Ini (parkir elektronik) memang belum bagus, tapi harus ditambah. Kalau hanya satu saja tidak bisa. Nanti ada kecemburuan, di sana Rp 9.000, di sini Rp 3.000,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat saat ditemui di sela rapat pembahasan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Rancangan APBD 2016, Rabu (21/10) di gedung dewan.

Diakui Herman, uji coba parkir elektronik yang berjalan satu bulan ini masih banyak catatan dan evaluasi. Seperti kesiapan sumber daya manusia (SDM) maupun perilaku pengguna parkir yang enggan membayar parkir progresif. Terkadang pengguna parkir tidak mau membayar tarif progresif sesua struk parkir.

“Untuk membiasakan ini kan perlu waktu. Evaluasi kan sampai Desember. Ini kan baru satu bulan,” ujar dia.

Di RAPBD 2016, pihaknya mengajukan anggaran perluasan parkir elektronik. Namun, Herman belum mau membuka rincian anggaran yang diajukan mengingat proses pembahasan anggaran masih berjalan.

Meski banyak hal yang masih harus dibenahi, perluasan parkir elektronik sangat diperlukan. Terlebih, sistem parkir elektronik ini dipandang sebagai sistem parkir yang fair.

“Walaupun tantangannya besar, namun parkir elektronik ini dipandang fair. Kota-kota lain kan baru sedikit yang menerapkan parkir elektronik. Solo harus terus melangkah,” ujar dia.

Sebelumnya, Dishubkominfo menyatakan akan memperluas parkir elektronik tahun depan antaralain di Jl Yos Sudarso, Nonongan, Jl Gatot Subroto, Pasar Pon, Pasar Klewer dan Pasar Kembang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge