0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buwas Ingin Pemakai dan Bandar Tidak Satu Sel

dok.merdeka.com

Komjen Budi Waseso

Timlo.net – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) mengaku ingin memisahkan lapas untuk pengguna, pengedar, maupun bandar. Hal itu lantaran dia melihat di Lapas Cipinang antara pengguna dan bandar masih dicampur menjadi satu.

“Saya ingin melihat lapas khusus narkoba ini. Kita mau beri masukan ke Dirjen Lapas dan pemerintah lewat Menkum HAM bagaimana efektivitas lapas bagi pengguna narkoba,” kata Budi Waseso, Rabu (21/10).

Lebih jauh Waseso ingin menggunakan lapas narkotika Cipinang sebagai tempat khusus bagi pecandu narkoba. Menurutnya, para pecandu bisa sekaligus menjalani program rehabilitasi di dalam lapas.

Namun, dia mengaku mesti bekerja sama dengan Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, maupun kementerian lain yang berhubungan dengan program rehabilitasi.

“Nanti akan kita tindaklanjuti. Program ke depan kita bicara idealnya karena ini membina manusia. Jadi harus dilakukan sebaik-baiknya supaya yang betul-betul jadi korban bisa selamat untuk tidak lagi menggunakan narkoba,” bebernya.

Namun demikian, mantan Kabareskrim Mabes Polri ini menilai pengawasan di lapas masih kurang efektif. Sebab di lapas narkotika Cipinang saat ini dihuni sekitar 2.800 tahanan. Sedangkan petugas yang mengawasi hanya 18 orang.

“Kita harus lihat situasi yang sesungguhnya. Ada 2.800 sekian penghuni, tapi yang mengawasi cuma 18 orang. Ini tidak efektif, tidak bisa terawasi semua,” tandasnya.

Rencananya Jenderal bintang tiga ini akan menjadikan masukan pada Dirjen Lapas dan Menkum HAM setelah menyambangi Lapas Cipinang.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge