0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diperingatkan Nekat, Satpol Ancam Sita Back Hoe

timlo.net/nanin

Aktivitas penambangan di Dusun Dawung, Desa Sempu, Andong

Boyolali — Satpol PP Pemkab Boyolali mengancam akan menyita back hoe di lokasi penambangan ilegal yang nekat melakukan aktivitas. Ancaman ini muncul lantaran masih banyaknya penambang galian C ilegal yang nekat beroperasi meski sudah diingatkan. Satpol dalam hal ini akan berkoordinasi dengan Polres Boyolali, BESDM dan Polda Jateng.

“Kalau sudah diingatkan nekat menambang, kita akan lakukan tindakan tegas, back hoe akan kita sita,” ujar Kepala Satpol PP, Choirudin, Rabu (21/10).

Salah satu lokasi penambangan ilegal yang saat ini masih beroperasi meski sudah diingatkan, penambangan di Dukuh Dawung, Desa Sempu, Andong. Penambangan galian C ini sudah beberapa kali dilakukan penutupan karena tak berijin. Namun pihak pengelola tetap nekat menambang. Bahkan pihak ESDM Wilayah Surakarta juga telah mengambil kunci back hoe tersebut.

“Pekan lalu, penambangan sudah kita tutup, kunci back hoe kita ambil, tapi hari ini operasi lagi,” ujar Pengawas BESDM Jawa Tengah, Wilayah Surakarta, Subagyo.

Sementara itu, dari pantauan di lokasi, aktivitas tambang yang dilakukan di Dukuh Dawung, Desa Sempu, Kecamatan Andong yang berada di pinggir jalan Nogosari-Andong terus beroperasi. Sejumlah truk pengangkut hasil tambang silih berganti masuk ke lokasi penambangan untuk mengambil tanah urug cadas dan pasir.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge