0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tujuh Pendaki Ritual Lawu Berhasil Dipaksa Turun

timlo.net/nanang rahadian

Para pendaki ritual dipaksa turun sedang beristirahat

Karanganyar — Tim SAR gabungan berhasil memaksa turun sejumlah pendaki ritual yang masih nekat ingin bertahan di puncak Lawu. Mereka diturunkan melalui jalur Candi Cetho.

“Setelah kita negosiasi dengan para pendaki akhirnya hanya tujuh pendaki mau turun,” kata Komandan Pengendali operasi SAR, Basarnas Jawa Timur, Supriono, Rabu (21/10).

Supriono mengatakan, meski sudah tujuh orang pendaki yang bersedia turun namun masih ada delapan pendaki ritual yang masih di atas. Sedangkan tiga pemilik warung juga masih bertahan dengan berbagai alasan.

“Tapi ini sebagai bahan kita untuk menentukan langkah selanjutnya,” kata Supriono.

Supriono menambahkan, idealnya memang gunung Lawu harus steril dari pendaki. Pasalnya, kemungkinan munculnya titik api yang bisa membahayakan para pendaki sangat besar. Apalagi saat musim kemarau seperti ini.

“Meski saat ini aman, kemungkinan-kemungkinan lain bisa terjadi,” kata Supriono.

Ketujuh pendaki yang diturunkan paksa adalah Agustinus Sino (48) warga Ngadirojo, Wonogiri, Siswanto (25) asal Grobogan, Muhammad Hanung (34) warga Pengging, Boyolali, Hadi Legiyo (18) asal Ngablak Magelang, Sujono (40) asal Ngablak, Magelang. Anggoro asal Solo dan Kakung Dul juga asal Solo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge