0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rupiah Merosot Lagi

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Nilai rupiah ditutup melemah pada perdagangan Rabu (21/10). Rupiah ditutup di level Rp 13.723 per USD, atau melemah 40 poin atau 0,30 persen dibanding penutupan kemarin.

Sepanjang hari ini, Rupiah sempat menyentuh titik terendahnya di Rp 13.784 per USD yaitu pukul Rp 14.10 WIB.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo kembali bicara mengenai kondisi perekonomian Indonesia terkini. Menurutnya, ekonomi Indonesia sangat dipengaruhi perekonomian global, salah satu contohnya adalah soal gejolak nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika (USD).

Menurut Agus, sedikit saja gejolak di dunia internasional, maka bisa menyebabkan kenaikan nilai tukar dan atau malah sebaliknya.

“Kalau nilai tukarkan selalu supply dan demand, jadi kalau sekarang fluktuasi kita di bawah 10 persen itu bukan suatu fluktuasi yang terlalu buruk ya. Jadi artinya secara umum ini masih bisa diterima,” ujarnya, Rabu (21/10).

Agus menambahkan, fluktuasi tajam nilai tukar tidak hanya dialami Indonesia. Bahkan Turki, Rusia dan Afrika Selatan mengalami gejolak lebih tinggi dibandingkan Indonesia.

“Tapi secara umum kita volatilitasnya di bawah 10 persen dalam keadaan yang bisa diterima,” terangnya.

Mantan Menteri Keuangan ini menegaskan, kondisi perekonomian Indonesia sepenuhnya terpengaruh ekonomi global. Tiga hal yang perlu diperhatikan, kondisi perekonomian China, normalisasi kebijakan The Fed dan anjloknya harga komoditas ekspor.

“Jadi tiga faktor itu yang paling dominan,” tutup Agus.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge