0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ada Penyusup di Balik Kerusuhan Aceh Singkil?

dok.merdeka.com

Aceh Singkil usai terjadi kerusuhan

Timlo.net – Gubernur Nangroe Aceh Darussalam, Zaini Abdullah menduga kerusuhan di Aceh Singkil merupakan ulah penyusup yang berniat merusak kedamaian dan kerukunan antar-umat beragama.

“Mungkin juga ada yang nyusup. Kita tahu kejadian di Aceh sekarang yang sudah kondusif situasinya. Banyak pihak yang tak suka dengan kondisi ini. Tapi kita harap tak demikian lah,” kata Zaini, Rabu (21/10).

Lebih lanjut Zaini memaparkan, persoalan izin rumah ibadah berawal dari tahun 1979, hingga saat ini persoalan rumah ibadah terus mengalami pasang-surut hingga kejadian terakhir pada Oktober 2015 di Aceh Singkil.

Menurut Zaini, telah ada kesepakatan di Aceh bahwa rumah ibadan non-muslim di Acen yang tidak memiliki izin, musti dirobohkan. Zaini mengatakan, beberapa rumah ibadah non-muslim saat ini sedang menunggu perizinan.

“Jumlahnya ada 10 rumah ibadah. Sebenarnya 17, tapi 7 itu menunggu izin pendiriannya. Yang ada izin hanya 1 gereja dan 4 undung-undung tersebar di Kabupaten Singkil,” jelas Zaini.

Menurut Zaini, ada kebijakan pemberian kompensasi apabila terjadi pembongkaran rumah ibadah non-muslim.

Zaini mengatakan, dirinya telah mendapat kabar bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah menginstruksikan Menteri Agama, Lukman Hakim untuk menyambangi Aceh dan membuat suasana di Aceh kembali kondusif.

“Beliau (Wapres JK) telah memanggil Menteri Agama, dan Menteri Agama akan datang ke Aceh, tanggal 23-24 Oktober ke Singkil,” ungkap Zaini.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge