0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kak Seto Keberatan Rencana Hukuman Kebiri

dok.merdeka.com

Kak Seto

Timlo.net – Pemerintah berencana memberi hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak di bawah umur. Presiden akan menyiapkan Perppu karena sifat yang mendesak dan memerlukan penanganan segera.

Dewan penasehat Komnas Anak, Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto ikut angkat bicara terkait rencana pemerintah. Dia meminta Presiden Jokowi memikirkan ulang rencana menjatuhkan hukuman kebiri pada pelaku paedofilia.

“Mohon ini dipertimbangkan berdasarkan aspek kesehatan dan psikologisnya,” kata Kak Seto, Rabu (21/10).

Dengan hukuman kebiri, Kak Seto justru khawatir pelaku bakal bertindak lebih agresif karena menyimpan dendam pada negara. Ditakutkan nantinya tidak hanya sekedar kekerasan seksual, tapi juga tindakan kekerasan lain.

“Bisa saja mereka jadi balas dendam dengan ‘ok lihat saja, dari korban 2 atau 3 orang anak, saya akan korban 100 orang anak’. Itu kan mengkhawatirkan. Itu yang harus dipertimbangkan,” tuturnya.

Dalam pandangannya, hukuman yang tepat adalah pembinaan.

“Jadi saya setuju dengan adanya pembinaan yang maksimal, tapi optimalnya ini jangan sampai jadi bumerang, atau malah justru menciptakan kondisi yang tidak lebih aman bagi anak-anak indonesia. gitu ya menurut saya,” paparnya.

Kak Seto mengingatkan setiap hukuman yang dijatuhkan bagi pelaku kejahatan, perlu mempertimbangkan aspek kesehatan dan psikologi. Termasuk untuk kasus narkoba yang diakuinya juga berdampak besar merusak generasi Indonesia.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge