0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Bansos Cirebon Segera Dilimpahkan ke PN Tipikor

merdeka.com

Gedung Kejaksaan Agung

Timlo.net — Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) segera melimpahkan kasus dugaan tindak pidana korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) 2009-2012 Pemerintah Kabupaten Cirebon Jawa Barat kepada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat.

“Saat ini persiapan pelimpahan ke Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat,” kata Kepala Pusat Penerangan Umum Kejagung Amir Yanto, Selasa (20/10).

Amir menyebutkan Kejagung telah menetapkan tiga tersangka kasus korupsi bansos itu yakni Wakil Bupati Cirebon Tasyia Soemadi, Ketua DPC PDI Perjuangan Subekti Sunoto dan Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Emon Purnomo.

Kasus yang ditangani tim Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Kejagung itu telah memeriksa 200 saksi dan tiga saksi ahli dari Kementerian Dalam Negeri, keuangan negara, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kasus dugaan korupsi Bansos Pemkab Cirebon berawal Wakil Bupati Tasyia Soemadi yang menjabat Ketua DPP PDI Perjuangan memerintahkan tersangka Emon dan Subekti memotong dana hibah dan bansos yang diterima sesuai daftar nama.

Menurut Amir, para tersangka menyerahkan daftar nama penerima dana hibah dan bansos kepada pihak yang tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri.

Akibatnya, negara mengalami kerugian hingga Rp1,6 miliar, ujar Amir seraya menambahkan penyidik telah menyita barang bukti berupa tiga unit rumah dan sertifikatnya.

Kejagung juga menangani dugaan korupsi pengadaan alat ilmu keolahragaan pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang masih dalam proses pemberkasan.

Amir menyatakan penyidik telah meminta keterangan 40 saksi dan tiga saksi ahli dari BPKP, Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) dan keuangan negara.

Kasus tersebut telah menetapkan dua orang tersangka yaitu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Brahmatory dan Direktur PT PUM sebagai rekanan, Rino Lande.

[dan]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge