0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paket Kebijakan Ekonomi Belum Sepenuhnya Dirasakan Manfaatnya

timlo.net/setyo pujis

Wakil Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jateng, Liliek Setiawan

Solo – Paket kebijakan ekonomi jilid 3 pemerintah, yang memberikan diskon listrik 30 persen bagi sektor industri belum dirasakan manfaatnya. Pasalnya sampai dengan saat ini kebijakan tersebut belum terealisasi karena faktor teknis dari PLN.

“Sebenarnya kita juga mempertanyakan, kenapa PLN dalam menyikapi kebijakan pemerintah ini kurang responsif. Bahkan saat kita tanya kenapa belum bisa diaplikasikan, mereka berdalih belum ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari pusat,” ujar Wakil Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jateng, Liliek Setiawan, kepada wartawan, Selasa (20/10).

Dirinya mengatakan, paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah tersebut sangat dinantikan oleh para pelaku usaha, khususnya yang bergerak di sektor industri. Karena ditengah kondisi pelemahan ekonomi yang terjadi sekarang, setidaknya dengan kebijakan itu bisa menekan PHK karyawan.

“Kita sangat mengapresiasi paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah. Karena dengan paket itu membuktikan, bahwa pemerintah bisa hadir untuk membantu sektor industri ditengah kondisi lemahnya ekonomi,” jelasnya.

Menurutnya, unsur energi listrik dalam sektor industri menjadi salah satu dari tiga komponen biaya pokok yang sangat penting. Oleh karena itu, pihaknya berharap diskon listrik 30 persen yang dicanangkan pemerintah dalam paket kebijakan ekonomi tersebut bisa segera diaplikasikan di lapangan.

“Dalam industri manufaktur, tiga komponen pokok itu diantaranya energi, bahan baku dan juga upah pekerja. Sehingga dengan adanya insentif dari pemerintah terkait keringanan listrik tersebut tentu sangat membantu,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge