0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Tukar Guling, Inspektorat Sragen Panggil Jokowi

timlo.net/agung widodo

Mantan Kepala Desa Karanganyar, Kecamatan Sambungmacan, Joko Widodo

Sragen – Inspektorat Sragen bakal memanggil mantan Kepala Desa (Kades) Karanganyar, Kecamatan Sambungmaacan, Joko Widodo beserta istrinya Yeni, yang juga mantan Kades Karanganyar dan Sekretaris Desa, Sukardi. Pemanggilan ini terkait dengan kasus proses tukar guling tanah kas desa dengan tanah milik pribadi sang mantan Kades.

“Rabu, rencana Joko Widodo akan kita mintai keterangan soal proses tanah kas Desa Karanganyar. Termasuk menelusuri adanya SK Bupati saat itu,” kata Kepala Inspektorat Sragen, Suharto kepada Timlo.net, Selasa (20/10).

Suharto menjelaskan, pemeriksaan terhadap Joko Widodo akan difokuskan tentang adanya SK Bupati saat itu, Untung Wiyono dan peruntukan tanah kas desa yang seharusnya dipakai untuk kepentingan umum. Tapi kenyataannya tanah bekas Balai Desa Karanganyar itu bukan dipakai untuk kepentingan umum. Melainkan sebagai tempat tinggal Joko Widodo.

“Maknya perlu kita pelajari juga, dari segi aturan kepentingan umum waktu itu untuk apa saja peruntukannya. Apa termasuk tukar guling itu masuk kepentingan umum atau gimana. Kalau tidak masuk kepentingan umum mestinya itu bisa dibatalkan,” jelas Suharto.

Sebelumnya Joko Widodo sendiri mengatakan, dirinya siap kalau dipanggil untuk menjelaskan perihal tukar guling tanah kas desa yang dia lakukan.

“Oh siap! Sampai di mana pun saya siap. Masalahnya nggak ada tujuan untuk nyerobot merugikan pihak Pemdes,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge