0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun 2015, Kebakaran Lawu Terbesar

timlo.net/nanang rahadian

Hutan Tlogodlingo kembali terbakar

Karanganyar – Kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Lawu dinilai sebagai kebakaran yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, selain luasan hutan yang terbakar banyak namun juga memakan korban jiwa yang tidak sedikit.

“Kalau ini kita menilai termasuk yang terbesar dalam sejarah kebakaran Lawu, apalagi sampai ada korban tewas sebanyak tujuh orang dan dua orang yang mengalami luka serius,” kata Budi Santoso, salah satu relawan Komunitas Anak Gunung Lawu (AGL), Selasa (20/10).

Budi mengatakan upaya untuk meminimalisasi korban saat kebakaran terjadi sebetulnya telah dilakukan oleh relawan yang ada. Menurutnya pasca ditutupnya jalur pendakian Cemoro Sewu Magetan pada Jumat (16/10), para pendaki banyak yang naik melalui jalur Cemoro Kandang Karanganyar. Saat hendak naik ke puncak, para pendaki sudah dihimbau untuk berhati-hati dalam menyalakan api karena dikhawatirkan akan memicu kebakaran.

“Sudah ada himbauan dari petugas jaga posko, para pendaki diminta turun lewat Jalur Cemoro Kandang,” kata Budi.

Namun, lanjut Budi, himbauan dari petugas itu tidak diindahkan oleh sejumlah pendaki yang ada dan mereka tetap menerobos turun melalui Jalur Cemoro Sewu. Pada akhirnya sembilan pendaki yang menerobos itu sembilan diantaranya menjadi korban kebakaran dan tujuh meninggal dunia.

“Yang naik pada Sabtu akhir pekan lalu sekitar 1.000 pendaki, kita sudah terjunkan relawan untuk memantau para pendaki yang ada, namun jumlah relawan tidak sebanding dengan jumlah pendaki sehingga masih ada yang lolos,” kata Budi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge