0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Pendaki Masih Bertahan di Puncak Hargo Dalem

timlo.net/nanang rahadian

Relawan berjaga si pintu masuk jalur pendakian Cemoro Kandang

Karanganyar — Tiga pendaki Gunung Lawu masih bertahan di puncak meski sudah dipaksa para relawan untuk turun. Mereka beralasan sedang melakukan ritual di dekat makam Sunan Lawu di puncak Hargo Dalem.

“Kami tidak bisa memaksa untuk turun karena mereka melakukan ritual untuk kepentingan pibadi mereka,” kata Budi Santoso, salah satu relawan Komunitas Anak Gunung Lawu (AGL) saat dihubungi wartawan, Selasa (20/10).

Meski masih tertahan di atas, lanjut Budi, tiga pendaki itu dalam posisi yang aman dan jauh dari api. Mereka melakukan ritual di sekitar Hargo Dalem gunung Lawu atau di sekitar makam Sunan Lawu, saat malam hari mereka tidur di warung Mbok Yem yang berada di puncak gunung.

“Mereka berjanji setelah ritual selesai. Mereka akan langsung turun,” ucap Budi.

Budi menerangkan, saat bulan Suro seperti ini pendaki yang akan melakukan ritual di puncak Lawu meningkat. Bahkan, pendaki yang naik justru didominasi oleh orang-orang yang melakukan ritual. Meskipun ada juga para pendaki yang berasal dari komunitas pecinta alam baik dari wilayah sekitar Lawu atau yang berasal dari luar daerah.

“Para pendaki ritual ini kadang-kadang tanpa persiapan yang memadai,” kata Budi.

Budi juga mengatakan saat ini Gunung Lawu tertutup untuk umum. Aturan ini berlaku untuk semuanya baik pendaki dari pecinta alam maupun orang yang melakukan ritual tidak diijinkan naik sampai waktu yang tidak ditentukan.

“Kalau sekarang ada pendaki yang mau naik tidak akan diijinkan sampai kondisi gunung lawu benar-benar aman,” ucapnya.

Sementara itu salah seorang pendaki yang melakukan ritual, Irfan, mengatakan kebakaran yang terjadi memang membuat peziarah dan pendaki lain kebingungan. Bahkan pada saat api berkobar kencang, banyak diantara mereka yang turun gunung dengan cara berlari.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge