0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Upacara Sumpah Pemuda di Puncak Lawu Batal

Kebakaran hutan di Gunung Lawu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Rencana Pemkab Karanganyar dan berbagai elemen masyarakat menggelar upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda di puncak Gunung Lawu pada 28 Oktober mendatang batal. Pasalnya, pasca terjadinya kebakaran hutan yang menyebabkan 7 pendaki tewas dan 2 luka-luka, situasi dan kondisi yang berkembang tidak memungkinkan untuk menggelar acara tersebut.

“Situasi saat ini, terlalu berisiko menggelar upacara  di puncak Lawu. Apalagi seluruh jalur pendakian ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan,” kata Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara Arief Nurjati saat dihubungi, Selasa (20/10).

Arif menegaskan, perkembangan terakhir yang diterima, titik api sudah mencapai wilayah Karanganyar. Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seluruh peserta sepakat upacara Hari Sumpah Pemuda tetap dilaksanakan namun tidak dipuncak Lawu, dan dipindah ke Alun-alun Karanganyar.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Karanganyar Bambang Sugeng mengatakan, segala sesuatu untuk penyelenggaraan upacara Sumpah Pemuda di Puncak Lawu sudah disiapkan. Bahkan rencananya, Rabu (21/10) surat edaran terkait kegiatan itu akan disebar ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan elemen masyarakat.

“Tapi karena acara batal, surat edaran otomatis tidak akan disebar,” katanya.

Bambang mengatakan, data terakhir peserta upacara di puncak Lawu tercatat  552 orang yang rencananya akan berangkat mendaki sebenarnya pada 22 Oktober dijadwalkan ada pengarahan dari Bupati, terkait acara itu.

“Persiapannya sudah 85 persen. Tapi karena perkembangan situasi tidak memungkinkan, akhirnya dibatalkan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge