0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Klaten, Ini Laporan Dana Kampanye 3 Paslon

Pilkada Klaten 2015 (dok.timlo.net/kpu-klatenkab.go.id)
Klaten — Tiga pasangan calon (Paslon) yang bertarung di Pilkada 2015 Klaten telah menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, akhir pekan lalu.
“Laporan (LPSDK) sudah kami terima, dan sudah diunggah ke website KPU. Sehingga jelas asal usulnya dari mana dan penggunaan untuk apa saja,” kata Komisioner KPU Klaten Divisi Badan Penyelenggara Sumber Daya Manusia (SDM) Perencanaan dan Urusan Rumah Tangga (RT), Kartikasari, Selasa (20/10).
Informasi dihimpun, Paslon no urut 2, One Krisnata-Sunarto mengumpulkan dana kampanye tertinggi yakni sebesar Rp 2,9 miliar. Dana berasal dari sumbangan pribadi One sebesar Rp 2,3 miliar dan Sunarto Rp 600 juta.
Sementara Paslon no urut 1 , Mustafid Fauzan-Sri Harmanto menduduki urutan kedua dengan sumbangan Rp 1.004.500 ribu. Dana berasal dari sumbangan pribadi calon, yakni Fauzan Rp 513,5 juta dan Sri Harmanto Rp 301 juta. Sedangkan sisanya berasal dari pihak lain perseorangan Rp 190 juta.
Sedangkan Paslon no urut 3, Sri Hartini-Sri Mulyani mengumpulkan dana kampanye terendah, yakni sebesar Rp 174 juta. Dana berasal dari sumbangan pribadi Sri Hartini Rp 140 juta dan sumbangan seorang donatur sebesar Rp 34 juta.
Sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2015 tentang Dana Kampanye, Paslon atau tim pemenangan Paslon diwajibkan memberikan laporan penggunaan dana kampanye. Laporan terdiri dari Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), LPSDK, dan Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana Kampanye (LPPDK). Selanjutnya, tiga laporan tersebut akan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP).
“Total dana kampanye masing-masing Paslon telah disepakati maksimal Rp 17,9 miliar. Pembatasan tersebut merupakan kesepakatan KPU, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Klaten, tim Paslon, dan stakeholder terkait agar Paslon tidak jor-joran dalam menggelar kampanye Pilkada 2015,” jelas Kartika.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge