0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Lawu, 7 Pendaki Ditemukan Selamat

dok.timlo.net/nanang rahadian
Posko Cemoro Sewu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi tujuh pendaki asal Gondosuli, Karanganyar yang terjebak kebakaran di pos 2 jalur pendakian Cemoro Sewu, Senin (19/10) sore. Mereka ditemukan dalam kondisi selamat.

“Kami evakuasi ke pos 1 dan dicek kesehatannya. Mereka terdiri dari empat pendaki pria dan tiga pendaki wanita,” kata SAR Mission Committe (SMC) AKBP Johanson Ronald Simamora, Senin (19/10).

Hingga Senin (19/10) malam, lanjut Johanson, sekitar 50 pendaki masih bertahan di puncak gunung Lawu atau di sekitar pos 5. Selain mengevakuasi pendaki, Tim SAR juga meminta semua pendaki tidak turun lewat jalur pendakina Cemoro Sewu karena kobaran api semakin membesar.

“Semua pendaki dalam keadaan selamat karena diarahkan dan dipandu Anak Gunung Lawu (AGL),” jelas Johansson.

Para pendaki ini diarahkan dan dipandu turun melalui jalur pendakian Cemoro Kandang karena relatif lebih aman. Pantauan Timlo.net di posko Cemoro Sewu sebanyak 3 unit SAR Rescue Unit (SRU) yang terdiri atas Basarnas, TNI/Polri, Perhutani dan lainnya menyisir dan memandu pendaki yang masih terjebak kebakaran Gunung Lawu.

Sementara itu, Kapolsek Tawangmangu AKP Riyanto mengatakan sebanyak 288 orang melakukan pendakian melalui jalur Cemoro Kandang pada Jumat – Minggu lalu. Kemudian 70 orang naik dari Candi Cetho. Dari jumlah tersebut 59 pendaki belum turun.

“Sampai Senin (19/10) sore, masih ada 9 KTP yang belum diambil,” kata Kapolsek.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge