0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Lawu Meluas, Titik Api Memasuki Wilayah Karanganyar

timlo.net/nanang rahadian

Kebakaran Gunung Lawu

Karanganyar — Kebakaran hutan gunung Lawu semakin meluas. Titik api yang semula hanya berada di jalur pendakian Cemoro Sewu di wilayah Magetan Jawa Timur, Senin (19/10) sore mulai merembet membakar hutan di wilayah Karanganyar Jawa Tengah.

“Info terakhir api sudah memasuki wilayah Jateng,” kata Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Lawu Utara, Arif Nurjati,

Kondisi cuaca yang kering serta angin yang bertiup kencang membuat api semakin cepat merembet. Pihaknya telah menerjunkan sejumlah personel untuk naik dan mendekati titik api. Menurutnya mereka diminta untuk melokalisir api agar kebakaran yang terjadi tidak semakin meluas.

“Pemadaman sifatnya manual karena hanya dengan menggepyok dengan dahan basah,” jelasnya.

Selain itu para petugas tersebut juga membantu para pendaki yang masih tersisa di atas untuk segera turun ke pos pendakian. Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan kembali terjadi.

“Kalau luasan kebakarannya belum kita ketahui berapa, yang jelas api membesar di antara pos dua dan pos tiga Cemoro Sewu Magetan dan terus merembet ke jalur pendakian Cemoro Kandang Karanganyar,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge