0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diprotes Warga, Dua Galian C Ditutup Sementara

Galian C Mondokan
Aktivitas proyek galian C di Kecamatan Mondokan ()

Sragen – Aktivitas dua tambang galian C ilegal di Dukuh Bendorejo, Desa Trombol, Kecamatan Mondokan, Sragen ditutup aparat kepolisian, Minggu (18/10). Penutupan dua lokasi galian C itu merupakan buntut protes puluhan warga di RT 15A dan 15B Desa Tempelrejo yang terkena dampak lalu lintas truk bermuatan padas, pasir dan batu dari pertambangan galian C.

“Berdasarkan keluhan dari Camat Mondokan, saya menelusuri aktivitas penambangan galian C. Kami mengirimkan dua kali peringatan secara tertulis agar menghentikan aktivitas karena belum mengantongi izin. Peringatan itu ternyata tidak digubris, ya akhirnya aktivitas tambang galian C itu kami tutup paksa,” kata Kapolsek Mondokan AKP Edi Sukamto, Senin (19/10).

Menurut Edi Sukamto, petugas  mendatangi lokasi tambang ilegal dan memanggil dua orang pengusaha galian C. Pihaknya masih bertindak persuasif terhadap dua pengusaha backhoe yang mengoperasikan alat berat tanpa mengantongi izin. Di memberi toleransi kepada supaya mengurus izin dan menghentikan aktivitas penambangan sebelum dokumen perizinan terbit.

“Kami belum menangkap dua pengusaha galian C itu. Jadi hanya menutup aktivitas dulu sebelum ada izinnya,” ujarnya.

Edi menambahkan, warga mengheluh lantaran aktivitas glin C itu menimbulkan debu yang menganggu kesehatan dan suara bising alat berat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge