0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

20 Pemuda Malaysia Belajar Gamelan di SMKN 8 Solo

dok.timlo.net/tyo eka
Pemuda Malaysia belajar gamelan di SMKN 8 Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 40 pemuda dan pelajar, masing-masing 20 asal Malaysia dan 20 dari berbagai provinsi di Indonesia, selama lima hari, 17 hingga 22 Oktober 2015, belajar kesenian tradisi karawitan, khususnya praktek gamelan di SMKN 8 Solo.

“Mereka datang bersama masing-masing dua pembimbing di SMK Negeri 8 dalam kaitannya Program Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia (PPIM) di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga,” ungkap Ketua Panitia Penerimaan SMKN 8 Solo, Drs Wagiman kepada wartawan, Senin (19/10).

Ke 40 pemuda tersebut, kata Wagiman, dipilih melalui seleksi ketat, dengan harapan nantinya membawa kesenian tradisional yang didapat dari Kota Solo.

Kedatangan program PPIM tersebut, menurut Wagiman, diawali pengenalan perangkat gamelan Jawa Solo, dan selama beberapa hari ini setiap hari bersama-sama belajar memainkan perangkat gamelan di bawah asuhan guru dari SMKN 8 Solo.

“Mereka di antaranya mempraktekkan gendhing-gendhing Kebogiro, Suwe Ora Jamu, dan sebagainya,” ungkapnya.

Puncaknya hasil belajar gamelan itu, lanjut Wagiman, pada tanggal 21 Oktober 2015, mereka akan mempertunjukkan performance hasil kursus singkat tersebut yang dipertontonkan kepada khalayak umum

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge