0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kronologi 8 Pendaki Terjebak Kebakaran Hutan Lawu

dok.timlo.net/nanang rahadian
Sejumlah relawan siap mengevakuasi pendaki Gunung Lawu yang mengalami musibah (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Inilah kronologi kejadian terjebaknya sejumlah pendaki dalam kebakaran yang melanda Gunung Lawu hingga mengakibatkan enam orang tewas dan 2 lainnya luka bakar serius.

Informasi yang diterima wartawan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Karanganyar, Sutopo Purwo Nugroho, Senin (19/10) menyebutkan:

1. Minggu (18/10) sekitar pukul 08.00 WIB: Relawan melihat ada kepulan asap di sekitar Pos 3 Cemoro Sewu.

2. Pukul 09.30 WIB; Tim gabungan dari Perhutani, Anggota Koramil 0804/02 Plaosan, Magetan Jatim dan masyarakat menuju TKP utk melaksanakan pemadaman.

3. Pukul 13.40 WIB: Tim gabungan yg sedang menuju TKP mendapatkan informasi dari pendaki bernama Mansur Salim (46), warga Desa Rowosari Kecamatan Tembalang Kabupaten Semarang, Jateng yang telah menolong seorang pendaki  antara Pos 4 dan Pos 3. Pendaki tersebut  Dita Kurniawan (18), pelajar SMK Yosonegoro Magetan, warga Desa Candirejo Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan yang menginformasikan ada 8 orang korban yang masih terjebak di atas.

4. Pukul 14.00 WIB: Dita Kurniawan dibawa turun ke Pos 1. Dita juga  menceritakan bahwa pada Sabtu (17/10) telah mendaki melalui jalur Cemoro Kandang bersama 13 orang, namun 11 orangg temannya belum diketahui keberadaanya karena terpisah dalam perjalanan.

5. Pukul 14.20 WIB: Tim gabungan menemukan seorang korban bernama Eko Nurhadi (45) warga Ngawi. Eko ditemukan dalam keadaan luka bakar 50 persen (perut, tangan dan wajah ). Selanjutnya korban dievakuasi ke pos 1 dan dibawa ke RSUD DR Sayidiman Magetan untuk perawatan selanjutnya.

6. Pukul 18.00 WIB: Tim gabungan TNI, Polri, Perhutani, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), AGL ( nak Gunung Lawu) dibantu Masyarakat Cemoro Sewu dan Singolangu masih melaksanakan penyisiran dan evakuasi.  Hasil penyisiran sementara diperoleh infomasi korban kebakaran hutan  yang terjadi diantara Pos 3 dan Pos 4 jalur Cemoro kandang adalah 8 orang.  Enam diantaranya  meninggal dunia. Sedangkan dua orangg dalam kondisi kritis dan masih dlm proses evakuasi.

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge