0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Showroom Pisang Segera Dibangun di Jenawi

Karanganyar – Rencana Pemerintah Kabupaten Karanganyar membangun sentra produksi pisang langsung direspon cepat. Camat Jenawi, Sudaryatmi langsung menyiapkan lahan dan sumberdaya manusia untuk showroom maupun workshop industri pisang.

“Kami memang mendapat perintah dari Bupati mencari lokasi yang tepat untuk membudidayakan pisang di Jenawi,” kata Camat Jenawi Sudaryatmi saat dihubungi wartawan, Jumat (16/10).

Sudaryatmi menambahkan, dia akan menggunakan aset tanah daerah di Jenawi. Oleh karena itu, dia akan mengajukan kepada Bupati terkait tanah tersebut. Selanjutnya pada tanah itu akan dibangun show room maupun kultur jaringan. Dia menjelaskan alasan memilih lokasi di dekat polsek.

“Saya sudah ke DPPKAD untuk menanyakan aset daerah di Jenawi. Katanya ada di dekat polsek itu.Tinggal tunggu tanda tangan dari Bupati. Cari lokasi yang dekat pasar sehingga mudah diakses dan banyak alat transportasi,” jelas dia.

Selain itu, Sudaryatmi juga menghubungi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut) Karanganyar. Dia berencana menggandeng Dispertanbunhut untuk mengantisipasi hama yang menyerang pisang.

“Saya kerja sama dangan Dispertanbunhut antisipasi hama. Di sini banyak yang punya pisang, ada yang nama dan jenisnya belum pernah saya dengar,” tutur dia.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengungkapkan tidak akan melarang warga Jenawi menanam selain pisang. Namun, pisang menjadi komoditas utama di Jenawi.

“Nandur liyane entuk, tapi ikone pisang. Butuh berapa ton, warga Jenawi bisa menyediakan. Kami akan bikin sentra di sini. Kerja sama dengan akademisi untuk bikin kultur jaringan. Jenawi jadi pemasok pisang top,” tutur dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge