0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Final Piala Presiden 2015

Benamkan Sriwijaya FC, Persib Bandung Juara

merdeka.com

Makan Konate, Persib Bandung

Timlo.net — Persib Bandung, akhirnya keluar sebagai juara Piala Presiden setelah menaklukkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0 pada partai puncak yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (18/10).

Dua gol kemenangan Persib diciptakan oleh Achmad Jufriyanto pada menit ke-6 dan gol kedua akibat gol bunuh diri Dian Agus menit 45.

Dalam laga final Piala Presiden yang dihadiri sejumlah petinggi negara termasuk Presiden Jokowi, Ahok, dan juga Ridwan Kamil, Persib langsung menekan sejak wasit memulai pertandingan.

Sriwijaya tampak lebih santai. Namun peluang pertama justru datang dari Sriwijaya melalui kaki Musyafri. Namun sayang, tembakan keras first time setelah menerima umpan dari Tibo masih membentur pemain Persib dan melebar ke kiri gawang Made Irawan.

Memasuki menit keenam, para Bobotoh bersorak ria melihat tim kesayangannya, Persib, memimpin. Adalah Achmad Jufriyanto, mencatatkan namanya di papan skor setelah membobol gawang Sriwijaya melalui tendangan bebas. Bola sempat membentur salah satu pemain Sriwijaya, karena itu pula arah bola tak bisa diantisipasi Dian Agus.

Unggul satu gol, membuat Persib semakin garang menyerang. Lagi-lagi pasukan Djajang Nurdjaman mengancam Sriwijaya. Dari luar kotak penalti, menit 12, Konate melakukan tendang spekulasi. Namun arah bola masih melebar.

Delapan menit kemudian, giliran Zulham yang memiliki peluang menggandakan keunggulan Maung Bandung. Namun sayang, setelah menyisir sisi kanan lapangan, tembakan yang dilakukan Zulham masih bisa dihentikan Dian.

Menginjak menit 28, Sriwijaya memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Mendapat hadiah tendangan bebas di depan kotak penalti setelah Asri Akbar dilanggar, tapi eksekusi Hyun-Koo masih melambung di atas mistar gawang.

Celakanya, ketika Sriwijaya gencar menyerang justru gawang mereka kebobolan untuk yang kedua kalinya pada menit 39. Untungnya, gol dari Atep itu segera dianulir wasit karena lebih dulu terjebak off-side.

Mendekati akhir babak pertama, Persib tak mengurangi intensitas serangan. Upaya itu berujung manis ketika Konate membobol gawang Dian Agus Prasetyo untuk yang kedua kalinya. Tembakan keras dari dalam kotak penalti dari Konate sebenarnya membentur gawang, namun bola yang kembali muntah melaju melewati garis gawang setelah mengenai punggung Dian Agus. Sehingga, gol tersebut dianggap gol bunuh diri.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-0 untuk Persib Bandung.

Saat babak kedua dimulai kedua kubu langsung melakukan saling serang. Menit 48, Persib mengancam melalui aksi Zulham. Satu menit kemudian, giliran Sriwijaya memiliki peluang melalui Patrich.

Menit 57, Syakir dari kubu Sriwijaya hampir saja membobol gawang Made Irawan. Namun tandukan meneruskan umpan dari Hyun-Koo masih sedikit melebar.

Di paruh babak kedua ini, Sriwijaya lebih agresif dalam melakukan serangan. Pergantian pemain dilakukan, Asri Akbar ditarik keluar digantikan oleh Fathul Rahman dan Rizkky masuk menggantikan Syakir.

Pasukan Beny Dolo sempat memiliki peluang memperkecil ketertinggalan pada menit 78 saat Patrich mendapat hadiah tendangan bebas. Namun peluang itu belum bisa dimaksimalkan.

Mendekati menit-menit akhir, Sriwijaya terus menekan untuk menggagalkan pesta kemenangan Persib. Sementara itu, Persib kokoh bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Selesai 90 menit, wasit memberikan babak tambahan tiga menit. Sriwijaya gagal mengejar dan Persib tetap unggul.

Akhirnya, dengan lapang dada, Sriwijaya harus mengakui bahwa Persib pantas menjadi sang juara.

Susunan Pemain :

Persib Bandung (4-3-3) : Made; Tony, Vujovic, Jufriyanto, Supardi; Konate, Dedi (M. Agung Pribadi 70″), Firman (Dias Angga 81″); Atep (Taufiq 66″), Spaso, Zulham

Sriwijaya FC (4-3-3) : Dian Agus; Wildansyah, Fachruddin, Maiga, Syaiful; Asri (Fathul Rahman 63), Hyun-Koo, Syakir (Rizsky Dwi Ramadhana 63″); Tibo, Patrich, Mushafri (Anis Nabar 85″).

(bola/shd)

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge