0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPBD Minta KKN Bisa Menyasar

timlo.net/eko prasetyo

Seminar Fiqih Kebencanaan

Solo – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Permana meminta perguruan tinggi agar Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bisa menyasar daerah rawan bencana, khususnya yang sudah terdampak bencana alam.

“Tujuannya agar program dalam KKN dapat secara riil dirasakan manfaatnya oleh para korban bencana, khususnya dalam upaya percepatan pemulihan bagi masyarakat pascabencana,” jelas Sarwa seusai menghadiri Seminar Fikih Kebencanaan Peran Agama dalam Pengurangan Risiko Bencana, di Auditorium Moch Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Surakarta, Minggu (18/10).

Sarwa mengatakan BPBD Provinsi Jawa Tengah ke depan akan mengkomunikasikan ini dengan perguruan tinggi terkait program KKN. Melalui Program KKN tersebut dilakukan berbagai kegiatan untuk membangkitkan masyarakat di daerah rawan bencana tersebut, mulai dari sisi mental atau psikologis, perekonomian, sosial, hingga pembangunan.

Sarwa mengapresiasi peran aktif dan kontribusi selama ini perguruan tinggi terhadap penanganan dan penanggulangan bencana yang menurutnya sudah tinggi.

“Misalnya UGM, UNS (Universitas Sebelas Maret), dan UMS, hampir semua perguruan tinggi sudah membuka studi bencana. Pada saat terjadi bencana pun, mahasiswa, baik itu dari Tim SAR maupun mapala (mahasiswa pecinta alam) serta organisasi kemahasiswaan lainnya, bahkan sudah terjun langsung ke lokasi bencana,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge