0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penanganan Bencana Asap, Ahli Bencana Usulkan Pembentukan Lembaga Super Body

timlo.net/daryono

Ahli bencana sampaikan rekomendasi

Solo – Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) merekomendasikan dibentuknya lembaga super body yang bersifat ad hoc dalam penanganan kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan dan Sumatera. Hal itu merupakan salah satu rekomendasi IABI dari workshop dan diskusi penanggulangan dan pencegahan kebakaran lahan dan hutan selama tiga hari di Solo. Workshop dan diskusi itu merupakan rangkaian kegiatan Periingatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) 2015.

“Kita mengusulkan dibentuk lembaga ekstra struktural yang sifatnya ad hoc. Tugas pokok fungsinya melakukan pengaturan, pembinaan dan pengumpulan resouces secara keseluruhan,” kata Wakil Ketua IABI, Harkunti Perahayu, saat jumpa pers dengan awak media, Minggu (18/10) di Hotel The Sunan.

Menurut Harkunti, terdapat kelemahan koordinasi, ketidakjelasan wewenang, tumpang tindih kebijakan dan regulasi dalam penanganan kebakaran hutan. Lantaran kebakaran hutan saat ini sudah sistemik, pola penangangan dan pencegahannya tidak cukup hanya memperkuat kelembagaan yang sudah ada sehingga perlu dibentuk lembaga baru.

Disinggung sudah adanya BNPB serta koordinasi yang dipimpin langsung oleh Presiden, Harkunti melihat hal itu tidak cukup. Pasalnya, kebijakan yang diambil masih bersifat reaktif.

“Bukan hanya respon saat terjadi kebakaran. Tetapi kita mencoba berpikir holistik. Lembaga ad hoc ini menjadi dirigen, dari pengendalian hingga pencegahan,” jelas dia.

Usulan kelembagaan super body itu merupakan rekomendasi IABI dalam Aspek Kelembagaan, Kemitraan dan Pendanaan. Selain mengusulkan kelembagaan baru, rekomendasi IABI juga dituangkan dalam empat aspek alinnya yakni Aspek Kajian Risiko Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan, Aspek Tata Kelola Air, Aspek Hukum dan Kebijakan dan Aspek Pemanfaatan IPTEK. Rekomendasi disusun oleh empat ahli yakni Harkunti Perahayu (ITB), Trihandoko Seto (BPPT), Sudibyakto (UGM), Puji Pujiono (Koordinator Kemanusiaan PBB).

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge