0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pdt Victor Rembeth : Fiqih Bencana, Berkat Kemanusiaan

timlo.net/eko prasetyo

Seminar Fiqih Kebencanaan

Solo – Wakil Ketua Pengurus Humanitarian Forum Indonesia (HFI), Pdt Victor Rembeth menyatakan, hadirnya fikih bencana yang digagas oleh Muhammadiyah adalah berkat bagi Indonesia yang sedang berjuang untuk tidak fatalistis melihat bencana sebuah kutukan belaka.

Pernyataan itu dilontarkan di depan peserta Seminar Peran Agama Dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana, yang digelar oleh Muhammadiyah Disaster Management Center, di Solo, Minggu (18/10).

Ketika pemikiran yang sangat mendalam perihal bencana digagas dari keyakinan iman sebuah organisasi agama, maka selayaknya yang pertama dan terutama ia akan menjadi panutan dan referensi utama komunitasnya untuk berbagai hal perihal penanggulangan bencana.

“Sudah tentu inisiatif cerdas mendidik umat ini perlu menjadi bahan rujukan dinamis bagi Muhammadiyah mulai dari arah Pimpinan Pusat sampai ranting,” jelasnya.

Namun sebagai sebuah acuan komunitas, kata Victor, Fikih Bencana juga menjadi inspirasi bagi komunitas agama-agama dan kepercayaan lain di Indonesia untuk bisa menjadikan warganya masing-masing memiliki pegangan yang serupa.

“Khasanah kemanusiaan yang menjadi platform dasar praktik penanggulangan bencana pasti bisa mencari kesamaan yang membuat semakin maraknya dialog-dialog karya antar agama dan kepercayaan,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge