0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Teknisi Radar TNI AU Masih Sangat Kurang

timlo.net/achmad khalik

Seorang anak memainkan simulasi penerbangan pesawat dengan mengikuti signal radar dalam pameran di Atrium Solo Paragon Lifestyle Mall

Solo — Jumlah teknisi radar lulusan Sekolah Pendidikan (Skadik) Lanud 402 Lanud Adi Soemarmo Solo masih tergolong rendah untuk mengkaver seluruh perbaikan dan perawatan radar di seluruh Indonesia. Pasalnya, peralatan canggih tersebut membutuhkan teknisi handal serta tidak sembarangan orang dapat merawat maupun memperbaiki alat tersebut.

“Kalau dari lulusan Skadik 402 masih sangat kurang. Maka dari itu, setiap tahun pasti kami membutuhkan teknisi-teknisi baru untuk ditempatkan di bidang perawatan radar di seluruh penjuru Indonesia,” terang Kepala Kelompok Pendidik Skuadron Pendidikan (Kapok Gadik Skadik) Lanud Adi Soemarmo Solo, Mayor Lek Ruadi Puja Antara mewakili Danlanud Adi Soemarmo Solo, Kolonel Agus Priyanto saat ditemui Timlo.net, Minggu (18/10) siang.

Dari seluruh siswa yang masuk TNI AU, kata Ruadi, tidak seluruhnya lolos seleksi bidang perbaikan dan perawatan radar. Mengingat, spesifikasi bidang tersebut harus memiliki intelegensi diatas rata-rata. Disamping itu juga, siswa yang mengambil jurusan radar juga harus memiliki basik elektronika terlebih dahulu.

“Pastinya, ada syarat-syarat khusus yang dijadikan pertimbangan dalam menempuh jurusan ini,” terang perwira tinggi yang telah 12 tahun mengajar di Skadik 402 tersebut.

Tiap tahun, lanjut Ruadi, Skadik 402 Adi Soemarmo hanya meluluskan belasan siswa jurusan radar. Sehingga, kedepan dengan makin ditambahnya sistem pertahanan tersebut maka TNI AU membutuhkan bibit-bibit baru untuk dilatih dan ditempatkan dipos-pos vital pertahanan terluar NKRI.

“Saat ini kebutuhan teknisi radar masih sangat kurang, kemungkinan dengan penambahan sistem radar ke depan maka kami sangat membutuhkan bibit-bibit baru untuk mempertahankan wilayah NKRI,” tegas Ruadi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge