0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sunset di Puncak Cumbri, Pesona Wisata Tapal Batas

foto: Tarmuji

Gunung Cumbri

Wonogiri – Beberapa bulan belakangan, nama Gunung Cumbri mulai menjadi buah bibir warga Wonogiri. Foto puncak Gunung Cumbri seringkali dijadikan foto profil di Blackberry Massenger, Whatshap dan akun sosial media lain.

Terletak di tapal batas wilayah Wonogiri sisi timur, Kecamatan Purwantoro, berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 638 mdpl.

Untuk menuju lokasi, tidak terlalu sulit. Dari pusat kota Gaplek ditempuh perjalanan menggunakan kendaraan sekitar satu jam. Bisa diakses dari sejumlah jalur, yaitu melalui Desa Biting, Bakalan, atau Kepyar Kecamatan Purwantoro.

Gunung Cumbri, sebelumnya digunakan untuk arena hiking dan perkemahan pramuka. Namun semakin hari semakin dikenal sebagai tujuan wisata, khususnya para remaja.

Sebelum mencapai puncak yang membujur arah utara-selatan, terlihat dari kejauhan Puncak Cumbri, nampak seperti punggung onta. Untuk mencapai puncak, pengunjung harus mendaki kurang lebih 45 menit.

Saat ini, sejumlah fasilitas pedukung telah tersedia, sehingga mempermudah para pengunjung mencapai puncak. Fasilitas yang disediakan warga seperti tempat parkir kendaraan roda dua, dan sejumlah warung yang menyediakan minuman segar.

Sementara, pemandangan dari atas mempertontonkan hamparan pemandangan di provinsi Jawa Tengah, bahkan sebagian wilayah Jawa Timur terpampang jelas. Keindahan semakin terasa ketika menjelang matahari tenggelam. Rona jingga membawa nuansa kebesaran Tuhan dengan alam ciptaannya.

Sejauh ini pengunjung berdatangan dari sekitar Wonogiri, Purwantoro, hingga rombongan anak muda dari Surakarta dan sekitarnya. Bahkan sebagian datang dari kota-kota di Jawa Timur seperti Ponorogo, magetan dan bahkan Surabaya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge