0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terbakar Lagi, 19 Hektar Hutan Lawu Rusak

dok.timlo.net/nanang rahadian
Hutan Lawu terbakar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Kebakaran yang melanda petak 40 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tlogodlingo Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Jumat (16/10), mengakibatkan 19 hektare (ha) hutan hangus terbakar.

“Kebakaran terjadi sejak pukul 09.00 WIB. Namun, titik api saat itu masih kecil. Api semakin membesar pada pukul 13.00 WIB,” kata Kepala RPH Tlogodlingo BKPH Lawu Utara, Sutiman, saat dihubungi wartawan.

Informasi yang dihimpun wartawan, asap pekat mengepul dari salah satu bukit di Dukuh Tlogodlingo, Desa Gondosuli, Tawangmangu. Asap mengepul dari sejumlah lokasi. Diduga, titik api tidak berada pada satu lokasi. Bahkan api terlihat jelas dari salah satu wilayah di Tlogodlingo.

“Hutan yang terbakar didominasi tanaman pinus dan semak. Angin kencang mengakibatkan api semakin berkobar,” kata Sutiman.

Sutiman menegaskan, sebanyak 50 orang dari sukarelawan, Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM), Polsek Tawangmangu, Koramil Tawangmangu, dan petugas Perhutani turun tangan. Mereka memadamkan api secara manual.

“Kami sedang berupaya memadamkan api. Lokasinya agak bawah dari lokasi kebakaran hutan sebelumnya,” jelas Sutiman.

Namun, menurut Sutiman, kebakaran kali itu tidak terlalu parah apabila dibandingkan kebakaran bulan lalu. “Yang ini enggak terlalu parah. Berbeda dengan yang bulan lalu,” ujanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge