0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mendagri : Pendirian Rumah Ibadah Harus Lebih Diatur

timlo.net/heru murdhani

Tjahjo Kumolo

Solo – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo menjamin kemerdekaan seluruh pemeluk agama untuk membagun rumah ibadah di seluruh wilayah Indonesia. Hanya saja pendirian rumah ibadah harus lebih diatur supaya tidak menimbulkan gesekan tertentu di masyarakat.

“Boleh, tetapi harus diatur, apakah tata ruangnya cocok atau tidak, apakah tempatnya cocok dengan kondisi sosial masyarakat. Sepanjang masyarakat mayoritas di kawasan itu menghendaki, tidak ada masalah,” katanya, usai membuka Bulan Pengurangan Resiko Bencana Nasional 2015, Jumat (16/10).

Menanggapi kasus pembakaran tempat ibadah di Aceh, dirinya mengatakan, perda-perda di semua daerah harus disinkronkan dengan peraturan di pemerintah pusat. Hal ini untuk menghindari tupang tindih peraturan.

Selain itu untuk menghindari kejadian serupa, politisi PDI Perjuangan tersebut mengatakan akan membentuk forum di tingkat kecamatan. Forum ini nanti akan beranggotakan tokoh masyarakat lintas agama, sehingga bisa meminimalisir gesekan di tingkat bawah.

“Tidak hanya di Aceh, tetapi perda-perda yang ada di semua daerah itu harus sinkron, karena bicara masalah keyakinan dan agama. Hukumnya wajib bagi pemerintah untuk memberikan rasa aman dan ketenangan kepada seluruh warga negara sesuai dengan agamanya masing-masing,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge