0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Deadlock, KPU Agendakan Lagi Persetujuan Desain Surat Suara

timlo.net/daryono

Rapat persetujuan desain surat suara

Solo — Lantaran tidak menemui titik temu, rapat persetujuan desain surat suara, Jumat (16/10), dilanjutkan digelar kembali Senin (19/10).

“Tadi belum ada keputusan. Diagendakan rapat lagi, Senin (19/10) besok,” kata Komisioner Divisi Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Suryo Baruno, kepada Timlo.net, Jum’at (16/10) malam.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, rapat persetujuan desain surat suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo yang dihadiri dua tim pemenangan, Jumat (16/10) siang di kantor KPU Solo berlangsung alot. Penyebabnya, tim pemenangan pasangan nomor urut 1, Anung Indro Susanto – M Fajri menginginkan adanya perubahan foto pasangan untuk surat suara. Usulan itu ditolak oleh tim pemenangan nomor urut 2.

Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo menambahkan, surat suara Pilkada berlatar belakang warna merah putih sesuai yang diatur dalam peraturan KPU. Tender pengadaan surat suara dimenangkan oleh PT Pura Baru Utama, Kudus.

“Pada surat suara ada dua pengaman yakni microtex dan hidden image. Pengaman ini untuk membedakan mana surat suara yang legal, mana yang tidak. Dua pengaman ini kasat mata tidak terlihat. Untuk melihatnya digunakan pemindai khusus,” jelas dia.

Agus melanjutkan, KPU menambah satu pengaman lagi pada surat suara, Namun, satu pengaman lapis ketiga ini tidak dipublikasikan. Hanya pihak KPU dan percetakan yang mengetahuinya. Adapun pencetakan surat suara diprediksi selesai awal November. KPU mencetak surat suara sejumlah DPT plus 2,5 persen per tempat pemungutan suara.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge