0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paket Ekonomi Jilid IV Menjadi Angin Segar UKM

timlo.net/setyo pujis

Pameran furniture yang digelar Asmindo

Solo – Paket kebijakan ekonomi jilid IV yang dikeluarkan pemerintah disambut baik oleh Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Soloraya. Pasalnya dalam paket kebijakan tersebut sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang terlibat ekspor akan diberikan modal kerja dengan bunga murah.

“Ini merupakan angin segar bagi para pelaku UKM yang selama ini kesulitan dalam mengembangkan usahanya, dan seharusnya pemerintah memang seperti itu jika ingin mendorong volume ekspor dalam negeri,” ujar Ketua Asmindo Soloraya, Yanti Rukmana saat dihubungi Timlo.net, Jumat (16/10).

Dirinya mengatakan, kondisi saat ini bagi para pelaku UKM yang bahan bakunya impor cukup kesulitan, mengingat kurs Dollar yang tidak stabil. Sedangkan untuk UKM yang menggunakan bahan dasar dalam negeri kalah kompetitif dengan produk lain di luar negeri.

“Karena selama ini bunga kredit yang dibebankan kepada pelaku usaha kita cukup tinggi, yaitu sekitar 20 persen per tahun. Sementara di negara lain para UKM sudah mendapatkan keringanan bunga atau hanya sekitar 5 persen,” jelasnya.

Oleh karena itu dirinya berharap dengan adanya paket kebijakan tersebut, ke depan volume ekspor dari para UKM Indonesia bisa lebih meningkat dari yang terjadi sekarang ini.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge