0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dugaan Pernikahan Sejenis, Polres Cari Celah Pelanggaran Penistaan Agama

timlo.net/nanin

Kapolres Boyolali, AKBP Budi Sartono

Boyolali — Jajaran Polres Boyolali kembali melakukan penyelidikan terkait dugaan pernikahan sejenis, Darino alias Ratu Airin Carla dan Dumani, warga Musuk, Boyolali. Hal ini menyusul adanya desakan dari sejumlah elemen masyarakat. Salah satu pasal yang saat ini sedang dikaji adalah penistaan agama.

“Tapi kita kan harus ada bukti-bukti, apakah saat tasyakuran kemarin menggunakan simbol-simbol agama atau tidak. Kalau untuk penipuan dan pemalsuan tidak kita temukan,” ungkap Kapolres Boyolali, AKBP Budi Sartono, Jumat (16/10).

Untuk menemukan celah hukum tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kejaksaan dan Kemenag. Sementara untuk saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, seperti tokoh masyarakat, dan Kades Cluntang. Selain itu yang bersangkutan Darino dan Dumani juga sudah dimintai keterangan.

Selain itu, pihaknya juga meminta Darino dan Dumani, untuk sementara waktu tidak tinggal serumah. Baik di wilayah Cluntang, Musuk ataupun di warung makan milik keduanya di Tegalwire, Mojosongo. Hanya saja, saat ini belum perlu meminta keduanya untuk sementara waktu tinggal di luar Boyolali, menyusul adanya aksi protes dugaan pernikahan mereka.

“Jaminannya adalah kepala desa, mereka sudah membuat surat perjanjian untuk tidak tinggal serumah,” kata Kapolres.

Disisi lain, Ketua DPRD Boyolali, S. Paryanto, mengatakan pihaknya tidak menemukan adanya pelanggaran, yang ada hanya tasyakuran. Oleh karena itu, pihaknya meminta kasus ini tidak perlu dibesar-besarkan apalagi pihak berwajib sudah melakukan penyelidikan.

“Kami atas nama wakil rakyat akan bersama-sama menciptakan iklim sejuk di Boyolali,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge