0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ada Novum Baru, Penasehat Hukum Rina Siap Ajukan PK

rina iriani
Mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani ()

Karanganyar — Untuk mendukung pengajuan Peninjauan Kembali (PK) kasus yang membelit mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani Sri Ratnaningsih, penasehat hukum, Muhammad Taufiq berencana menyiapkan bukti baru atau novum saat mengajukan peninjauan kembali (PK).

“Kami akan mengajukan PK. Itu pasti. Ada novum baru,” kata Muhammad Taufiq, Jumat (15/10).

Taufiq menengarai ada  kejanggalan keputusan MA menolak kasasi. Dia juga mengeluh tentang berkas perkara kasus tersebut di Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) terbakar. Dia menilai hal itu tidak wajar dan tidak seharusnya terjadi.

“Itu hal yang tidak masuk akal. Berkas terbakar. Kan kasihan. Masa’ enggak ada salinan. Lalu ada beberapa hal lain yang sepertinya tidak dipertimbangkan MA saat menolak kasasi,” ujarnya.

Beberapa hal yang dimaksud Taufiq adalah majelis hakim tidak membaca lampiran alat bukti, yakni tidak ada bukti asli yang dapat dijadikan sebagai alat dakwaan. Menurunya, Polda Jateng menguatkan isi lampiran alat bukti. Polda menyatakan tidak ada bukti asli.

Taufiq juga mengklaim Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas) pernah meminta pemeriksaan laboratorium forensik terhadap 62 alat bukti yang dipakai jaksa penuntut umum (JPU) saat mendakwa kliennya.

“Hakim enggak menggunakan teori ketika menjatuhkan 12 tahun. Klien saya hanya diduga turut serta. Dia bukan aktor intelektual. Yang aktor intelektual malah dihukum lebih ringan. Ini banyak kejanggalan,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge