0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Sulit Atasi Kabut Asap, Ini Alasannya

dok.merdeka.com

Kabut asap

Timlo.net – Pemerintah banyak menemukan kendala dalam menangani kabut asap di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Sedikitnya ada tiga alasan sulitnya mengatasi kabut asap ini.

“Kami menghadapi masalah lahan gambut yang terbakar dengan Elnino yang lama ini masih jadi kendala. Visibility (jarak pandang) masih naik turun, titik hotspot juga sudah menurun tapi belum hilang sepenuhnya,” kata Menko Polhukam, Luhut Panjaitan, Jumat (16/10).

Meski banyak menemukan kendala, Luhut memastikan jika pemerintah telah melakukan segala upaya untuk menanggulangi kebakaran hutan.

“Pemerintah secara terintegrasi dan terukur telah melakukan langkah-langkah dalam memadamkan api. Penanganan ini akan kami lakukan dengan tertib dan apabila ada pelanggaran hukum akan kami tindak tegas,” jelas Luhut.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPR Setya Novanto mengusulkan agar pemerintah membentuk tim pengawas penanganan kabut asap. Sehingga, penanganan kabut asap dapat segera diselesaikan.

Hal itu menjadi salah satu intisari dari pertemuan antara DPR dengan Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menteri LHK Siti Nurbaya serta Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

“Saya harap tidak ada lagi korban jiwa di sana. Demi kepentingan lindungi rakyat dan saya usulkan agar dibentuk timwas dan ada koordinator mengenai bencana asap ini,” kata Novanto.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge