0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Relawan Bencana Diminta Ambil Sertifikasi

dok.timlo.net/heru murdhani
Gelar Relawan Penanggulangan Bencana di Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka Gelar Relawan Penanggulangan Bencana dalam Pekan Pengurangan Resiko Bencana, di Solo, Jumat (16/10). Dalam kesempatan itu Gubernur mendorong relawan untuk mengambil sertifikasi keahlian dalam bidang penanggulangan bencana.

“Saya minta rekan-rekan (relawan) semuanya untuk bisa mengambil sertifikasi dari berbagai klasifikasi penanggulangan kebencanaan yang ada,” ungkap Gubernur Ganjar.

Dijelaskan, selama ini penanganan bencana di Jawa Tengah telah mencapai tahapan baik. Hal ini dibuktikan dengan meraih peringkat juara umum dengan empat predikat terbaik 1 dari 6 kategori yang dilombakan, yakni kategori penanganan, dampak bencana, pasca bencana, logistik dan peralatan, serta perencanaan keuangan dan kelembagaan. Namun, menurut Ganjar, hal itu perlu ditingkatkan dengan perbaikan kualitas sumberdaya manusia dan keahlian.

“Tetapi harus ditingkatkan untuk skill-nya. Kemudian juga mereka harus bisa teridentifikasi namanya dan ada contact person yang bisa dihubungi, sehingga on call dalam setiap bencana yang terjadi,” katanya.

Dengan begitu Ganjar berharap ketrampilan relawan bisa semakin teruji dan bisa ditempatkan dimana saja dan kapan saja sesuai panggilan kemanusiaan.

Dalam apel tersebut, Gubernur juga menyerahkan sejumlah peralatan pertolongan pertama dan bibit pohon untuk penghijauan kembali lahan kritis di kawasan Karanganyar dan Klaten.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge