0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sektor UMKM Memiliki Share Kredit Tinggi Terhadap Perbankan

timlo.net/setyo pujis

Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Hendik S

Solo – Pangsa kredit sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Solo memiliki potensi yang cukup tinggi untuk bisa dimaksimal. Untuk terus meningkatkan realisasi kredit terhadap sektor tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo mendorong perbankan untuk bisa terlibat dalam melakukan pendampingan dan pembinaan.

“Selama ini share kredit sektor UMKM terhadap perbankan cukup tinggi. Bahkan pada periode Agustus 2015 sektor tersebut berhasil menyumbang 37 persen dari total kredit perbankan,” ujar Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Hendik S kepada wartawan.

Dirinya mengatakan, jika potensi UMKM ini bisa terus dimaksimalkan, tidak menutup kemungkinan serapan kredit perbankan terhadap sektor tersebut bisa lebih tinggi dari bulan kebulan.

“Selain mampu menyerap kredit dalam jumlah besar, untuk kredit macet atau non performing loan (NPL) juga sangat rendah. Sehingga sangat bagus untuk kinerja perbankan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BNI Syariah cabang Solo, Utep Triana secara terpisah juga menyampaikan, jika pembiayaan kepada pelaku UMKM di wilayah Solo memang cukup besar. Bahkan pada semester pertama 2015 mampu menyerap sekitar 20 persen dari total pembiayaan yang ada.

“Kredit sektor UMKM selalu tumbuh setiap tahunya. Untuk semester pertama 2015 kita berhasil mengucurkan dana sekitar Rp 10 Milyar terhadap sektor tersebut,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge